Secara garis besar internet marketing adalah melakukan suatu tindakan
pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media
internet (online). Dalam Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran
(electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.
Cuma bedanya kita melakukan kegiatan itu memanfaatkan media internet
(online).
Internet Marketing (emarketing) is the process of growing and promoting an organization using online media.” (Wikipedia)
Jadi seperti itulah definisi dari Wikipedia, yang sering dijadikan
rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, wikipedia
menuliskan bahwa metode di dalam emarketing termasuk: optimasi dari
mesin pencari, penayangan iklan, pemasaran via e-mail, affiliate
marketing, interactive advertising and viral marketing.
Kiranya definisi itu sangat cocok untuk perusahaan yang berbasis
dunia nyata yang menjadikan Internet hanya sebagai sebuah media.
Sebagai “sarana baru” atau “pasar baru”. Disini internet hanya sebagian
kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat
luas. Dalam pengertian ini, emarketing mungkin sangat dekat dengan
fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing
tradisional.
Akan tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di
Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti
perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social
networking, dll, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan,
untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia
virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar
promosi dan penjualan.
Sedangkan pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: “E-Marketing
is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to
communicate abaout, promote and sell products and services over the
internet.” Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah
sisi pemasaran dari E-Commerce , yang terdiri dari kerja dari perusahaan
untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan
jasa melalui internet.
Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan
Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari
ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing
dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan
hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan
teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya
internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet
untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl
dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce
dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses
pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa
kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan
data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep,
distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran
yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSelamat Siang.
BalasHapusSalam sukses untuk anda.
Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
Saya sangat tertarik dengan artikel anda, maka dari itu dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan penawaran pada anda mengenai kerja sama Program Afiliasi dari ForexMart secara gratis yang dapat menguntungkan anda.
Boleh saya minta contact anda yang dapat saya hubungi?
untuk menjelaskan keuntungan, program, dan membantu anda lebih lanjut mengenai afiliasi ini. Atau anda bisa email saya di: Arya@forexmart.com / Facebook: AryaForexMart Terima Kasih.