Pages

Rabu, 16 Januari 2013

SECURITY WEB

Web Security adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.
Keamanan suatu website atau web security systems merupakan salah satu prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster. Jika seorang webmaster mengabaikan keamanan suatu website, maka seorang hacker dapat mengambil data-data penting pada suatu website dan bahkan pula dapat mengacak-acak tampilan website (deface) tersebut. Selama ini, ­­­­­­kebanyakan kita, entah para blogger atau pemilik perusahaan baik kecil atau menengah, tidak terlalu memperhatikan website-nya setelah website-nya eksis di Internet. Setelah dibuat dan diupload ke server hostingan, website-nya ditinggal begitu saja. Jarang di-update, lebih jarang lagi dipromosikan, dan yang paling jarang adalah memperhatikan masalah keamanan website-nya. Padahal selesai membuat website itu kira-kira baru separuh saja dari upaya memanfaatkan potensi Internet untuk mendukung usaha kita. Salah satu yang paling vital adalah masalah keamanan. Seringkali kita mengira setelah website diupload di server hosting, website kita bakal aman-aman saja.
Tapi sayangnya pemikiran itu salah. Seringkali para peretas (hacker) dan cracker itu tidak mempunyai tujuan apa-apa saat nge-hack suatu website (kecuali masalah politik seperti Indonesia vs Malaysia kemarin). Bahkan seringkali dia tidak mengngerti bahasa dari website yang diserang, karena mereka hacker dari negara asing. Mereka hanya ingin memanfaatkan lubang-lubang
keamanan dalam website milik kita.
Banyak sekali kasus website yang di-hack, di-deface, dan isi databasenya hilang sebagian. Bahkan blog gratisan sekalipun bisa jadi sasaran, diserang juga dengan efek yang sama, para hacker atau cracker tidak memandang sasarannya. Website milik pemrintahan juga tidak lepas untuk jadi sasaran.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar